Agen Poker Online

Saturday, April 30, 2016

10 Fakta Bengis Tentang Genghis Khan

KISAH KEHIDUPAN

10 Fakta Bengis Tentang Genghis Khan 


 Kita semua tahu siapa Genghis Khan. Tapi bagi yang belum tahu, Genghis Khan adalah penguasa Mongolia yang amat ditakuti sekaligus disegani. Dibawah pimpinannya, kekaisaran Mongolia berhasil menjadi kerajaan terbesat di dunia. Sekarang saya akan membagikan 10 fakta bengis tentang Gengis Khan 

1. 40 Juta Nyawa Melayang

Dibawah komando Gengis Khan, pasukan Mongol membinasakan 11% dari populasi dunia yaitu sebanyak 40 juta orang !!! Angka ini didapat dari perkiraan para sejarahwan karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti berapa orang yang terbunuh selama penaklukan terjadi. 

Sensus dari abad pertengahan menunjukkan bahwa populasi China anjlok hingga puluhan juta selama Khan hidup, diperkirakan bahwa ia mungkin telah membunuh tiga perempat populasi Iran selama perang dengan Kekaisaran Khwarezmid.

2. Toleransi Tinggi

Khan  menciptakan suatu kode etik atau mungkin lebih tepatnya disbut sebagai hukum atau undang-undang yang dinamakan Yassa, Isinya melarang hal-hal tabu seperti penzinahan, mencuri dan berbohong. Khan adalah pemimpin yang dapat mentoleransi perbedaan , bahkan dia memberikan kebebasan pada penduduknya utnuk menganut agama mereka sendiri dan menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing.

3. Masa lalunya kelam 

Sejak masa kanak-kanak. Genghis Khan sudah terbiasa dengan kehidupan yang brutal. Ayahnya diracun ketika dia baru berusia sembilan tahun, bahkan keluarganya diusir oleh sukunya sendiri, tanpa menhiraukan bahwa ibunya harus membesarkan tujuh anak sendirian.

Genghis mencari makan dengan berburu sendiri untuk mempertahankan hidup. Masa remajanya juga terbuang sia-sia dengan mejadi budak sebelum akhirnya dia kabur.

4. Jenderalnya adalah Mantan Musuhnya Sendiri

Sebagai seorang pemimpin, Khan sangat lihai dalam hal memilih pengikutnya yang pantas menjadi ajudannya didasarkan oleh kemampuan dan pengalaman mereka di medan perang. Tidak perduli bahwa orang tersebut berasal dari kelas atau nenek moyang yang berbeda, aau bahkan musuhnya terdahulu.

Khan pernah mengangkat Jebe sebagai ajudannya meskipun ia adalah prajurit musuh yang pernah hampir membunuh dirinya. Jebe terbukti handal dan dikenal sebagai jenderal perang terhebat dimasa penaklukan Asia dan Eropa

5. Pembalasannya sungguh mengerikan

Khan biasanya memberikan kerajaan lain kesempatan secara damai untuk tunduk dalam aturan Mongol, namun ia juga tidak segan-segan untuk menghukum mereka yang menolak. Setelah kekaisaran Khwarezmid membunuh salah satu diplomatnya, Khan langsung merespon dengan mengirim pasukannya untuk menyerang kerajaan tersebut. Alhasil kekaisaran Khwarezmid hancur dan dilanjutkan dengan bangsa Tanguts karena menolak untuk memberikan pasukannya dalam invasi Khwarezmid.

6. Perawakannya sangat misterius

Dijaman sekarang, tidak ada seorang pun yang tahu bagaimana rupa dsan perawakan dari Genghis Khan karena tak pernah ditemukan prasasti, lukisan atau apapun yang menggambarkan dirinya. Satu-satunya deskripsi yang didapat adalah dari pedagang Persia di abad ke-14 yang mengklaim bahwa Genghis Khan berambut merah dan mempunyai mata berwarna hijau.

7. Luas kekuasaan Mongolia

Daerah kekuasaan Mongoilia membentang sebesar hampir satu benua Asia. 0,5% dari populasi pria di msa kini adalah keturunan langsung

8. Penyebab Kematiannya Tidak Diketahui

Sampai saat sekarang ini penyebab kematian Khan tidak pernah diketahui dan mungkin tidak akan pernah diketahui sampai kapanpun. Legenda mengatakan bahwa 40 perawan dan  40kuda dikorbankan pada saat pemakaman berlangsung. Puncaknya sampai 2000 tamu yang datang dibunuh juga untuk menjaga kerahasiaan lokasi makam.

9. Invasi Rusia

Khan juga pernah menginvasi Rusia dan berhasil mengalahkan prajurit Rusia yang berjumlah empat kali lebih besar. Bahkan pemimpin-pemimpin Rusia yang selamat langsung menyerah. Mereka lalu dieksekusi dengan cara ditidurkan dan dimasak diatas papan kayu, dimana serdadu Mongol mengitari mereka dan berdansa.

10. Genghis Bukanlah Nama Aslinya

Genghis bukanlah nama aslinya dari pemimpin besar ini. Dilahirkan di tepi sungai Onon sekitar tahun 1162 an, dia dinamakan Temujin yang bearti 'pandai besi.'Nama kehormatan 'Genghis Khan' baru didapat pada 1206 ketika dia menyatakan diri sebagai pemimpin Mongol dalam pertemuan suku yang dikenal sebagai Kurultai.

Para Sejarahwan masih tidak yakin tentang adal-usul kata 'Genghis', namun dalam konteks ini biasanya diterjemahkan sebagai penguasa tertinggi .






0 comments:

Post a Comment